Komponen Air Brake System GD825A-2 Komatsu & Diagramnya

Diagram Komponen Air Brake System GD825A-2 




Diagram air brake system berfungsi untuk mengetahui letak dan fungsi dari masing - masing komponen air system pada unit motor grader 825A-2 komatsu. Mari kita mengenal terlebih dahulu diagram komponen Air Brake System pada unit Grader Komatsu 825A-2 berseerta letak dan fungsinya. Pada Unit Grader Komatsu udara bertekanan di prioritaskan untuk Brake System serta pada komponen pedukung lainnya. 

Karena motor grader 825A-2 komatsu menggunakan udara untuk system pengeremannya, maka diperlukan maintenance yang lebih dalam merawat komponennya agar bisa berfungsi dengan baik. Berikut ini komponen pada air brake system motor grader 825A-2 komatsu antara lain sebagai berikut :

1. Air Compressor
Berfungsi menghisap udara dari manifold engine kemudian menyuplaynya ke air tank.

2. Air Dryer
Berfungsi mengeringkan udara dari uap air dan menyaring kotoran yang berada di dalam air system. 

3. Air Governor
Berfungsi mengatur cut in dan cut off pada air brake system.

4. Check valve
Berfungsi menjaga tekanan udara pada air tank agar tidak kembali ke kompressor pada saat compressor dalam kondisi unloading.

5. Air tank
Berfungsi menampung udara bertekanan dari kompressor yang nantinya digunakan untuk menyuplay ke komponen-komponen air brake system.

6. Safety valve
Berfungsi mengamankan air tank dan system dari kelebihan tekanan udara, sehingga mencegah kerusakan komponen - komponen yang didalamnya terdapat membran-membran.

7. Low Pressure Switch
Berfungsi untuk memperingatkan operator apabila pressure didalam air brake system dalam keadaaan low pressure, sehingga operator dapat mengkentikan mesin guna dilakukan perbaikkan.

8. Pressure Gauge
Berfungsi sebagai parameter yang digunakan oleh operator untuk mengetahui pressure yang ada pada air brake sistem. hal itu bertujuan agar air pressure dapat dimonitor oleh operator setiap waktu dan juga sebagai alat untuk mengetahui apabila terjadi low pressure pada air brake system.

9. Automatic Drain Valve
Berfungsi membuang air yang berada didalam air tank secara otomatis.

10. Brake Valve
Berfungsi mengarahkan tekanan udara yang berasal dari air tank menuju ke  disc brake, dengan cara menekan pedal brake.

11. Stop Lamp Switch
Berfungsi menyalakan lampu stop lamp dengan menggunakan tekanan udara pada saat brake valve ditekan, udara dari air tank akan menekan switch lampu sehingga lampu mendapat arus dan menyala.

12. Disc Brake
Berfungsi mengurangi laju kecepatan unit, memanfaatkan gaya gesek dari disc brake dengan drum hub dengan menggunakan tekanan udara yang berasal dari brake valve.

13. Tire Charger Socket
14. Horn Valve
Berfungsi mengalirkan tekanan udara dari air tank ke Horn.

15. Horn
Berfungsi merubah tekanan udara menjadi suara dengan bantuan mekanisme membran.

16. Parking Brake 
Berfungsi pada saat unit grader parkir pada tempat yang tidak rata, sehingga unit tidak dapat bergerak maju maupun mundur.

17. Exhoust Balve
Berfungsi untuk membuang tekanan udara dari chamber parking brake ketika tuas parking brake di release.

18. Camber Brake
Berfungsi sebagai pengaman agar unit tidak bergerak pada saat parkir atau berhenti pada area yang tidak datar yaitu tanjakan ataupun turunan.

19. Bank-lock Valve
Berfungsi mengarahkan tekan udara ke cylinder bank untuk menekan pin pada saat unit bekerja.

20. Bank-lock Cylinder
Berfungsi menekan dan mempertahankan pin lock bank dalam keadaan terkunci pada saat unit bekerja.


Komentar