Istilah-istilah Dasar Air Conditioner Pada Alat Berat

   Istilah Dasar Pada Air Conditioner


Prinsip Dasar Pendinginan adalah Proses penyerapan atau pemindahan suatu panas, dimana panas yang diserap atau yang dipindahkan dari temperatur yang tinggi ke temperatur yang rendah. sehingga terjadi perbedaan temperature pada benda tersebut.

Berikut fungsi umum air conditioner : 

  1. Mengatur suhu udara pada suatu ruangan
  2. Menjaga suhu ruangan
  3. Mengatur kelembaban udara  
  4. Mengatur kebersihan udara  
Istilah - istilah yang dijumpai pada air conditioner :

1. PANAS

Adalah Energi kinetik yang dimiliki oleh aktifitas suatu molekul pada suatu zat.

2. QUANTITY OF HEAT 


Adalah Jumlah 1 kCal panas yang dapat mengubah suhu 1 kg air sebesar 1C. Jika suatu panas dirambatkan dari benda satu zat ke zat yang lainya, suhu pada kedua zat tersebut akan berubah. Besarnya perubahan temperature tergantung pada jumlah panas yang akan dirambatkan.

3. SPECIFIC HEAT 


( Panas jenis ) Adalah Jumlah energi panas yang dibutuhkan untuk mengubah suhu suatu benda pada satu satuan berat sebesar 1०C. Jumlah panas yang diperlukan untuk menaikkan dan menurunkan temperature suatu zat bisa bervariasi tergantung pada tipe, berat dan perubahan berapa banyak temperature pada zat tersebut. 

Satuan dari panas jenis adalah Kcal/kg०C. Panas jenis lebih sering ditunjukkan dengan angka tanpa satuan. Panas jenis yang lebih besar pada suatu zat, lebih sulit untuk dipanaskan dan didinginkan. Panas jenis dari air = 1, adalah nilai terbesar dari benda padat maupun cair.


 
4. TEMPERATURE (SUHU)


( Suhu ) Adalah Hasil pengukuran dari intensitas panas dalam satuan derajat ( 0 ). Ketika mendinginkan atau memanaskan suatu zat, derajat dari panas atau dingin dapat diukur menggunakan satuan C (Centigrade) atau F (Fahrenheit).

🔑 Suhu dimana air dapat membeku pada standard tekanan barometer ( 1 barometric pressure) atau (titik beku) adalah :
  • Centigrade ---------------- 0 derajat (C)
  • Fahrenheit ---------------- 32 derajat (F)
🔑 Suhu dimana air dapat mendidih pada standard tekanan baromater (titik didih) adalah :
  • Centigrade ---------------- 100 derajat (C)
  • Fahrenheit ---------------- 212 derajat (F)
🔑 Pada skala Centigrade, Skala = Pembagian dalam 100 kenaikkan dimulai dari 0 ke 100 C. Sedangkan pada skala Fahrenheit, Skala = Pembagian dalam 180 kenaikkan dimulai dari 32 ke 212 F. 

🔑 Rumus hubungan skala antara Centigrade dengan Fahrenheit dapat dikonversikan sebagai berikut ini :
  • Centigrade (C) = (F-32) x 5/9
  • Fahrenheit (F) = C x 9/5 + 32
5. SENSIBLE HEAT 

Adalah Panas yang dapat merubah suhu suatu benda.

6. PRESSURE 


Adalah Gaya tegak lurus  yang dikenakan pada satuan luasan tertentu pada  benda padat, cair atau gas.

7. ABSOLUTE PRESSURE 

Adalah Tekanan yang dipengaruhi oleh tekanan udara luar atau tekanan atmosphere.

              1 atm = 1.03 Kg/cm2

                         = 760 mm.Hg.

P abs = P gauge + P atm

  • Gauge Pressure Adalah Tekanan yang terukur pada pressure gauge.
               1 atm  = 1.03 Kg/cm 

                           = 760 mm.Hg. 

P gauge = P abs - P atm

  • Atmosphere Pressure Adalah Tekanan dari udara. 

              1 atm  = 1.03 Kg/cm2

                          = 760 mm.Hg.

8. EVAPORATION LATENT HEAT 

Adalah suatu panas yang dapat merubah wujud suatu benda tetapi tidak dapat merubah suhunya.

9. HUMIDITY (Kelembaban) 

Banyaknya uap air yang berada pada udara sering dinamakan kelembaban (humidity). Kelembaban secara umum dikelompokkan menjadi Absolute humidity dan Relative humidity.

🔑 Absolute Humidity

Adalah berat uap / kg dari udara kering yang berada di dalam udara basah. dan dinyatakan dalam satuan x kg / kg. Pada actualnya, sebuah diagram udara digunakan untuk menunjukkan berat uap yang berada di dalam 1 kg udara basah. Berikut ini contoh diagramnya :

  • Absolute humidity = 0,03 (kg) / 1 (kg) = 0,03 kg / kg.
🔑 Relative Humidity

Merupakan perbandingan antara tekanan uap sebagian P (kg/cm²) dari udara basah dan tekanan maksimal sebahian Ps yang terdapat di dalam uap pada kelembaban (tekanan uap sebagian dari udara jenuh). Secara umum ketika menyebutkan humidity adalah Relative humidity yang di dapat dari hygrometer rumah atau ramalan cuaca. Berikut ini cotoh diagramnya :
  • Relative humidity = ( P / Ps ) X 100 (%)

Prinsip Dasar Pendinginan

1. Kenapa Alat Pendingin Dapat Mendinginkan

Apakah kita pernah menggunakan alkohol untuk membersihkan luka dan kulit kita tersadingin pada bagian yang terkena alkohol. Hal ini muncul karena alkohol mempunyai kemampuan untuk menyerap panas dari sekeliling ketika digunakan untuk menguap dan berubah menjadi gas. yaitu ketika kita memberikan panas ke cairan, kemudian ciaran ini akan menjadi gas. Panas ini dinamakan Evaporation Latent Heat.

Dalam pengaplikasian alat pendingin, alkohol diganti dengan Freon (R 134a). Ketika ciaran freon berubah menjadi gas, ia akan mengambil panas yang berada di sekelilingnya. Sehingga kita membutuhkan alat yang dapat mengumpulkan gas ini dan mengembalikannya kedalam bentuk cairan dan menguapkannya kembali. Zat cair yang bisa berubah menjadi cairan dan kemudian menjadi gas untuk mendinginkan sekelilingnya disebut Refrigerant (Bahan Pendingin).

2. Metode Pendinginan

Gas refrigerant yang dimampatkan oleh kompressor berubah menjadi gas bertekanan dan bertemperature tinggi. Kemudian dikirimkan  menuju ke kondensor untuk di dinginkan oleh kipas agar bentuknya berubah menjadi cairan bertekanan tinggi dan temperaturenya menurun karena melepaskan panas setelah melewati kondensor. Jika refrigerant cair ini dikabutkan secara tiba - tiba oleh expansion valve, maka akan berubah bentuk menjadi uap yang bertekanan dan bertemperature rendah. 

Refrigeran yang berbentuk uap basah tadi mengambil panas di dalam kabin melalui hembusan kipas pada evaporator dan kembali menjadi bentuk gas yang menuju lagi ke kompressor. Demikian cara refrigerant bekerja untuk mendinginkan udara di sekelilingnya untuk mendinginkan ruangan.




 





Komentar